Tuesday, December 9, 2008

Memparbaiki windows yang restart terus menerus.

Kalo anda ada mengalami hal seperti diatas, berarti anda sama dengan yang saya pernah alami. Kompi hanya sampe desktop terus restart lagi lagi dan lagi, sore sore minum the capek dehhhhhhhh. Awalnya terjadi karena saya install sebuah software dari teman, google earth.


Setelah terinstall mulai dah si kompi kebangganku restart terus terus terus terus terus kalo gak salah sampe 20 kali restart terus, pernah gue biarin tuh sampe satu jam terus terusan, gue tinggalin, saya nyantai nyantai di luar ngobrol ama teman, saya buka kaleng bir, ambil sampurna mild sedott tuh rokok dengan harapan si kompi jadi ingat ama konfigurasi yang sebelumnya.

Setelah satu jam dicuekin, apa yang terjadi dianya masih ngadat masih restart terus terusan tak bosan bosan.
Saya sendiri udah capek deh, BT, bosan menunggu, udah kebelet mau online.
Nah mulai dah saya menganalisa dengan analisa sendiri tentunya.

Yang saya lakukan adalah:

1. saya masuk bios, terus saya lihat temperature CPU 54. nah karena gue begok maka saya buka tuh PC saya bedah kayak pakar aja. Saya buka tuh kipas prosesor, saya bersihin pake cotton but (korek kuping, “pantesan loe budek ya gung, abis korek kuping cuma buat bersihin kipas CPU”). Padahal dengan temperature seperti itu masih dikatakan sehat walifiat.
Seperti itulah saya kalo sudah saying apalagi ama cewek………. preeeettttttttttttt

2. Saya masuk safe mode tekan F8 saat windows boot pilih safe mode. Saya buang tuh google earth dari control panel add remove program, setelah itu saya restart, tapi apa yang terjadi boro boro mau bagus yang terjadi malah sama restart terus terusan.

3. kompi saya matiin, kabelnya saya copot hanya kabel power aja biar tak kesetrum, saya bersihin tuh memori DDR.

Saya bersihin saya lap pake alcohol 5% alias tiger bir. Abis deh tiger gua. Saya sarankan anda beli bir satu kaleng aja, kalo mau dua juga boleh, kalo mau mabok juga boleh silahkan. Saya lihat siapa tau ada yang bengkak tuh kapasitor atau sejenisnya yang ada disekitar prosesor, tapi gak ada tuh. Setelah itu saya "onkan" si kompi yang belagu, yang terjaadi adalah, si kompi masih dengan kelakuan yang lama. Restart terus, terus, terus, terusan.




Saya sarankan semua yang diatas jangan dilakukan, jangan, jangan, karena akan menambah BT kamu aja.

Kalo saya pribadi sih, daripada orang lain yang rusakin lebih baik saya sendiri yang rusakin maksudnya perbaikin, walaupun hasilnya akan tambah parah tapi yang jelas niat saya untuk memperbaiki.

Nah sampailah di akhir dari tulisan ini, ini adalah yang
Masuk lagi ke safe mode, masuk kemenu start, allprogram, accessories, system tool, system restore.
Saya sarankan anda mundurkan tanggalnya sebelum anda install tuh software atau hardware yang anda install yang menyebabkan kompi ngadat. Mundurkan sehari atau dua hari, ini tidak akan mempengaruhi dokumen dan data D\ terus klik next ikuti sampai selesai, dan agak lama sih, disinilah kesabaran anda harus anda gunakan ……..

Saya sarankan biari aja deh kompi merestore system alias mengembalikan ke setting awal sebelum anda install software yang membuat error, lamanya hal ini bergantung berapa parah dan berapa banyak konfigurasi yang sudah anda buang sewaktu error.



Anda akan masuk di system restore tunggu sampai selesai, bisa satu jam looo, nah saya punya satujam 10 menit. Ini bergantung berapa banyak hal yang anda ubah. Kalo saya, karena saya rada usil, hampir semua program saya delete karena saya merasa ada CDnya dan saya akan install kembali ntarr kalo udah normal.

Setelah selesai, restart kompi TAAAAA…….DAAAAAAA
Windows kembali normal, Cuma ada satu program yang sudah saya delete dari add remove program yang tidak restore kembali, hanya satu saja, selebihnya masih aman dan berada di kompi….

Mudah mudahan bermanfaat ya.
Entar kalo saya ada masalah lagi saya akan posting……lagi. (jangan doain kompi gue rusak lagi ya!)
Jangan lupa untuk selalu bertanya kepada yang pakar
satu lagi pantang menyerah mannnnn......

Salam belajar

Previous Post
Next Post

aku adalah orang yang masih harus banyak belajar dari anda

0 komentar: